Sabtu, 19 Juli 2008

Mengapa kita berjerawat?


Salah satu masalah utama yang menimpa remaja adalah jerawat, komedo, dan bintik hitam pada wajah. Jerawat tidak hanya mengganggupenampilan, tetapi juga membuat para remaja menjadi rendah diri. Bagaimana kita bisa berjerawat?

Kulit merupakan lapisan paling luar dari tubuh kita. Kulit terdiri atas dua lapisan. Lapisan paling luar disebut dengan lapisan "epidermis" yang mengandung zat kimia "melanin" yang memengaruhi warna kulit. Lapisan terdalam disebut lapisan "dermis" yang terdiri atas syaraf, pembuluh darah, kelenjar keringat, akar rambut, dan kelenjar sebasea yang mensekresikan minyak untuk melindungi kulit dari kekeringan.

Kelenjar sebasea ini mempunyai pori-pori atau lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai saluran keluar minyak menuju ke permukaan kulit. Terkadang, pori-pori tersebut tertutup kotoran dari sel-sel kulit dan udara yang membuat minyak tidak dapat keluar ke permukaan kulit dan menyebabkan pembengkakan. Sel-sel darah putih yang bertanggung jawab menjaga tubuh dari serangan kuman penyakit akan menekan area di sekitar kelenjar tersebut dan menimbulkan jerawat.

Jerawat mungkin juga disebabkan karena penyakit kulit, makanan pedas dan berlemak, serta gangguan-gangguan tertentu.

Segera pada saat jerawat mulai muncul, berkonsultasilah dengan dokter ahli. Bila kamu memencetnya, maka akan meninggalkan bekas hitam. Bila kamu mengoleskan salep yang dijual di toko-toko, kamu hanya akan menambah masalah karena obat berupa krim tidak selalu cocok untuk semua jenis kulit.

Terlepas dari hal tersebut, berikut beberapa tibdakan pencegahanyang dapat dilakukan untuk menghindari jerawat. Kamu harus selalu menjaga kebersihan kulit dengan cara membersihkan wajah secara teratur menggunakan air bersih. Berolahraga juga membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi penyumbatan pori-pori.

1 komentar:

Mr. Badakboeloek mengatakan...

ndon

link balik aku di kalunganceret.blogpot.com

di link lho!