Kamis, 24 Juli 2008

Apakah virus komputer itu?

Saat ini, kita tidak dapat membayangkan bagaimana menjalani hidup tanpa komputer karena komputer sangat berperan dalam kemajuan dunia dan kita sangat bergantung kepadanya. Kemajuan komputer komputer mengalami kejutan yang mencengangkan ketika virus komputer mulai masuk ke dalam komputer dan merusak sistem dalam komputer. Objek utama bagi virus komputer adalah merusak program di dalam komputer dan menhancurkan mekanisme operasional. Apakah kamu tahu apakah virus komputer itu?

Virus komputer merupakan sebuah program yang dengan cara tertentu menginfeksi program lain dengan memodifikasi atau merusaknya. Virus juga menyebar atau menggandakan diri dan hasil penggandaannya juga dapt melakukan hal yang sama. Sebuah virus komputer sedikitnya mempunyai empat karakteristik sebagai berikut.

1). Merupakan satu set petunjuk komputer, 2). merupakan virus yang sengaja diciptakan, 3). dapat menggandakan diri dengan menggunakan program yang sudah ada, 4). merupakan gangguan yang tidak diinginkan karena dapat menghancurkan atau merusak mekanisme operasional.

Dari informasi di atas, jelas bahwa virus komputer merupakan program software yang sengaja diciptakan dan seharusnya tidak disalahartikan sebagai kesalahan program atau hardware yang tidak berfungsi. Virus menempatkan dirinya pada bagian-bagian komputer yang tidak terduga dengan cara menghapus file, memfomat disket, mengubah masukan keyboard, dan lain-lain.

Terdapat jenis-jenis virus komputer dengan objek sasaran yang berbeda, tetapi secara garis besar dikelompokkan menjadi dua tipe: 1). virus yang menetap, 2). virus yang tidak menetap.

Tidak ada komentar: